User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

RASULULLAH SAW bersabda : "Barang siapa yang diam maka ia akan selamat"

Lisan diciptakan oleh ALLAH SWT untuk memperbanyak dzikir, membaca Al-Qur'an, dan membimbing manusia untuk menempuh jalan yang benar. Maka, pergunakanlah lisanmu dalam urusan agama dan dunia. Apabila engkau pergunakan lisan tidak sejalan dengan tujuan penciptaannya, maka engkau telah mengingkari nikmat ALLAH SWT dan mendurhakai perintah-Nya.

Lisanmu adalah anggota badan yang paling utama, ia dapat menjadi sebab seseorang dengan masuk syurga (bagi yang mampu menjaganya) namun ia juga yang paling banyak menjerumuskan manusia dalam neraka, melalui perbuatan dusta, menuduh orang lain tanpa bukti, memaki orang lain, memfitnah, menggunjing, dan seterusnya. Maka jaga lisanmu supaya ia tidak menjerumuskanmu ke jurang neraka.

Luqman al-Hakim berkata kepada putranya : "Andaikata bicara itu adalah perak, maka diam adalah emas".

ketahuilah..!! apapun yang keluar dari lisan kita kelak akan ada hisab dan pertanggung jawabannya. Maka hindarilah berbicara hal-hal yang tidak bermanfaat, karena itu akan membuat kita menyia-nyiakan waktu kita dari hal-hal yang bermanfaat. Apalagi jika pembicaraan itu mengandung keburukan. Berikut ini adalah beberapa perkara dari bahayanya lisan yang paling sering dilakukan manusia,maka jagalah lisan kita darinya :

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh usai seharian beraktivitas. Paginya diharapkan stamina kembali normal setelah tidur semalaman. Namun tidak jarang diantara kita banyak yang tiba-tiba terbangun pada malam hari.

Beberapa diantaranya ada yang bangkit dan melaksanakan sholat Tahajud. Namun ada pula yang memilih kembali melanjutkan tidur.
Bangunnya seseorang dari tidurnya mampu menjadi ladang amal jika seseorang tersebut mengetahuinya. caranya adalah dengan membaca dzikir kepada ALLAH SWT.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari, dari Ubadah bin Shamit, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda yang artinya: Siapa terbangun di waktu malam lalu membaca

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحَدْهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ . الْحَمْدُ لله و سُبْحَانَ اللهِ و لَا إِلَهَ إِلَّا الله و اللهُ أَكْبَر ولَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

kemudian ia berdoa " Ya Allah, Ampuni Aku " atau berdoa pasti dikabulkan doanya. Jika ia berwudhu dan shalat, pasti diterima shalatnya. (HR. Al-Bukhari).
Sangat disayangkan bila waktu kita dihabiskan sia-sia.  Bagi seorang muslim, waktu adalah investasi yang paling berharga.  Dan waktu, tidak akan pernah bisa kembali.  Jangan sampai saat kita sudah di depan pengadilan Allah, baru kita menyesali kehidupan kita di dunia, seperti digambarkan Allah dalam QS. Al Fajr :

وَجِيءَ يَوْمَئِذٍ بِجَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ يَتَذَكَّرُ الْإِنسَانُ وَأَنَّى لَهُ الذِّكْرَى ( ٢٣ )
يَقُولُ يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي ( ٢٤ )

Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya. Dia (manusia) mengatakan: "Alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini". (QS. Al Fajr : 23-24).

Itulah sebabnya agama kita memerintahkan kita untuk meninggalkan perbuatan sia-sia.  Bahkan, seorang yang menjaga agamanya, ia akan berusaha untuk sesedikit mungkin melakukan hal-hal yang mubah, sekalipun boleh, untuk dapat memperbanyak melakukan yang wajib dan sunnah.
Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya: Di antara (tanda) kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya. (HR At-Tirmidzi).
semoga waktu dan umur yang singkat ini tidak kita sia-siakan. Sehingga kita bisa menuai pahala pada saat kita mendapat kenikmatan dunia dengan mengucapkan kalimat indah (Dzikir) sebagai penyelamat akhirat kita.

 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

: عن الإمام علي بن أﺑﻲ طالب كرّم الله وجهاه

Dari imam Ali bin Abi Tholib Karomallahu wajhah :

لولا خمس خصال لصار النّاس كلهم صالحين

Kalau bukan karena lima perkara niscaya semua manusia menjadi orang sholeh.

أولها القناعة بالجهل

1. merasa puas dengan kebodohan,

والحرث على الدنيا

2. sangat mencintai dunia,

والشح بالفضل

3. pelit dengan yang lebih,

والرّياء فى العمل

4. ingin di perhatikan orang ketika beramal,

والإعجاب بالرأي

5. dan menganggap pendapatnya paling benar.

فتأمل يا اخي

Renungilah wahai saudaraku....

Tags:

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

: قل الإمام الشافعي رحمه اللّه
: جوهر المرء في ثلاث

Imam Syafi'i rohimahu Allah berkata:
kehebatan seseorang terdapat pada tiga perkara :

 

كتمان الفقر : حتى يظن الناس من عفتك أنك غني

1. Kemampuan menyembunyikan kefakiran, sehingga orang lain menyangkamu berkecukupan karena kamu tidak pernah meminta.

 

كتمان الغضب : حتى يظن الناس أنك راض

2. Kemampuan menyembunyikan amarah, sehingga orang mengiramu merasa ridha

 

كتمان الشدت : حتى يظن الناس أنك متنعم

3. Kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengiramu selalu senang

 

[ مناقب الشافعي للبيهقي (٢/١٨٨) ]

(Kitab manaqib Imam Syafi'i, karya Al Baihaqi, 2/188)

Tags:

Tentang MRS Jatim

adalah sebuah wadah untuk menjadikan syiar dan kecintaan terhadap Rosulullah SAW, dibimbing oleh Al-Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus yang diikuti oleh kebanyakan pemuda dan pemudi, melalui pembacaan Rotibul Haddad, Maulid Addhiyaullami dan Tausyiah oleh para Habaib dan Kyai dari Surabaya dan Sidoarjo.

 @khw6710f  5951B8E4

Baitul Rasul

Jl. Simolawang 5 no.25, Surabaya.

Audio Stream


© 2016 MRS Jatim.

Search